Pages

Mari Berkreasi Ilmu' Blog ini berisikan berbagai informasi - informasi terkini, Lowongan kerja, sejarah, Ilmu pengetahuan dan hasil pertandingan sepak bola , Motor Baru , GadGet , Teknologi,Harga Jual BlackBerry iPhone Laptop Murah , Learn SEO . . Semoga Dapat Bermanfaaat ! ! ! !

Selasa, 18 Januari 2011

0 All New Honda CBR125R 2011, Cabe Rawit Racikan Eropa

honda cbr125r 07 460x306 All New Honda CBR125R 2011, Cabe Rawit Racikan Eropa
LONDON (DP) — Publik Indonesia, khususnya para pembaca Dapurpacu.com, tentu sudah mahfum tentang keberadaan sport bike Honda CBR250R dan CBR150R. Namun di luar dua model terbaru itu, Honda Eropa masih menyimpan produk terkecil dari seri model tersebut, yaitu CBR125R.
Di Eropa, CBR125R 2011 diperkenalkan sejak awal November 2010. Seperti dua kakaknya, CBR125R difokuskan untuk biker pemula, alias baru belajar.
Meski Honda mengklaim CBR125R mudah dikendalikan, namun tetap saja performa yang dihasilkan patut diwaspadai.
Berbekal mesin 124,7cc liquid-cooled, 1-silinder SOHC, plus teknologi PGM-FI fuel injection, CBR125R mampu melepaskan tenaga 12,57 hp pada 10.000rpm dan torsi 10,1Nm pada 8.000rpm.
Performa ini jangan dianggap enteng. Dibandingkan Honda Supra X dengan kapasitas mesin yang sama, tapi underbone ini hanya menghasilkan tenaga 9,18 hp pada 7.500rpm dan 9,70 Nm pada 5.000rpm.
Bahkan dengan Yamaha Jupiter MX terbaru yang berkapasitas mesin lebih besar, 134,4cc, CBR125R hampir bisa menyaingi. Jupiter MX menghasilkan tenaga 12,34 hp pada 8.500rpm dan torsi 12,14 Nm pada 6.000rpm.

Nah, CBR125R sendiri sudah tentu bisa menelanjangi Suzuki Thunder 125 yang memiliki kapasitas mesin sama, namun hanya menghasilkan tenaga 11,5 hp pada 9.500rpm.
CBR125R bisa meraih performa setinggi itu karena Honda mensetting kompresi rasio yang cukup tinggi, yaitu 11:1. Nilai ini jauh lebih tinggi ketimbang Jupiter MX yang hanya 10.9:1. Bahkan CBR250R hanya dipatok 10,7:1. Karena itu, CBR125R jelas membutuhkan kualitas bahan bakar yang prima.
Seperti dua kakanya, CBR125R juga dibekali sistem transmisi 6-speed dengan final drive ‘O’-ring sealed chain. Sistem pengapian motor juga sudah dikontrol secara elektronik.
Hanya saja, dimensi CBR125R jauh ketimbang CBR125R dan CBR150R. CBR125R memiliki panjang 1.946mm, lebar 704mm, dan tinggi 1.089mm.
Sementara CBR250R 2.030mm x 709,5mm x 1.127mm, dan CBR150R 1.977mm x 695mm x 1.130mm. Adapun sumbu roda CBR125R mencapai 1.313mm, lebih pendek 56mm dari CBR250R dan lebih panjang 3mm dari CBR150R.
Kendati tampak lebih ramping dari sang kakak, namun kapasitas tangki bensin yang dimiliki CBR125R sama, yaitu 13 liter. Sedangkan konstruksi rangka antara keduanya sedikit memiliki perbedaan, walau menganut tipe steel twin-spar. Untuk CBR125R konsep rangka mengacu pada model Pentagonal, sedangkan CBR250R model Diamond.
Honda Eropa mengklaim chassis yang dibenamkan pada CBR125R mampu menghadirkan kesetabilan tinggi dan kemudahan dikendarai. Hal ini ditunjukkan lewat posisi headstock dan swingarm pivot point yang dekat dengan bagian mesin. Konstruksi ini, menurut Honda, menghasilkan kejutan yang baik, serta terasa lebih ringan ketika dikendarai.
Selain itu, CBR125R juga memasang sistem suspensi kelas premium. Untuk bagian depan dipercaya pada hydraulic telescopic fork 31mm dan belakang monoshock.
Roda CBR125R juga tampak kokoh karena mengusung profil yang hampir menyamai model motor kelas 250cc, yaitu 100/80-17 depan dan 130/70-17 belakang. Velg yang dibungkus ban tersebut cukup ringan karena dibuat dengan material aluminium.
Mengantisipasi keliarannya yang radikal, Honda telah menyiapkan sistem penghenti laju yang akurat. Pada roda depan dipersenjatai rem cakram 276mm twin-piston caliper dan belakang cakram 220mm single-piston caliper. [dp/GRG]
Spesifikasi All New Honda CBR125R 2011






Engine








Type

Liquid-cooled 4-stroke 2-valve SOHC single






Displacement

124.7cm3






Bore x Stroke

58 x 47.2mm






Compression Ratio

11: 1






Max. Power Output

9.8kW/10,000min-1 (95/1/EC)






Max. Torque

10.41Nm/8,000min-1 (95/1/EC)
















Fuel System








Carburation

PGM-FI electronic fuel injection






Throttle Bore

30mm






Fuel Tank Capacity

13litres (including LCD-indicated reserve)
















Electrical System








Ignition System

Computer-controlled digital transistorised with electronic advance






Starter

Electric






Battery Capacity

12V






Headlight

55W x 1 (low)
















Drivetrain








Clutch

Wet, multiplate with coil springs






Clutch Operation

Mechanical; cable-actuated






Transmission Type

6-speed






Final Drive

O-ring sealed chain
















Frame








Type

Pentagonal; steel twin-spar
















Chassis








Dimensions (LxWxH)   

1,946 x 704 x 1,089mm






Wheelbase

1,313mm






Caster Angle

35°






Trail

90mm






Seat Height

793mm






Ground Clearance

185mm






Kerb Weight

136.9kg
















Suspension








Type Front   

31mm telescopic fork, 120mm axle travel







Rear   

Monoshock damper, 126mm axle travel
















Wheels








Rim Size Front   

17M/C x MT2.5







Rear   

17M/C x MT3.5






Tyre Size Front   

100/80-17M/C ()







Rear   

130/70-17M/C ()
















Brakes








Type Front   

276 x 4mm dual hydraulic disc with dual-piston caliper and sintered metal pads







Rear   

220 x 4mm hydraulic disc with single-piston caliper and sintered metal pads

0 komentar:

Poskan Komentar