Pages

Mari Berkreasi Ilmu' Blog ini berisikan berbagai informasi - informasi terkini, Lowongan kerja, sejarah, Ilmu pengetahuan dan hasil pertandingan sepak bola , Motor Baru , GadGet , Teknologi,Harga Jual BlackBerry iPhone Laptop Murah , Learn SEO . . Semoga Dapat Bermanfaaat ! ! ! !

Senin, 14 Desember 2009

0 Bola Volly








Bola voli


Bola voli adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain.



Sejarah Volley Ball



Pada tahun 1895, William C. Morgan, seorang direktur YMCA di Holyke, Massachusetts, menemukan sebuah permainan bernama mintonette dalam usahanya memenuhi keinginan para pengusaha lokal yang menganggap permainan bola basket terlalu menghabiskan tenaga dan kurang menyenangkan. Permainan ini cepat menarik perhatian karena hanya membutuhkan sedikit ketrampilan dasar, mudah dikuasai dalam jangka waktu latihan yang singkat, dan dapat dilakukan oleh pemain dengan berbagai tingkat kebugaran. Permainan aslinya dahulu menggunakan bola yang terbuat dari karet bagian dalam bola basket. Peraturan awalnya membebaskan berapa pun jumlah pemain dalam satu tim.
Pada tahun 1896 nama permainan ini diubah oleh Alfred T. Halstead, yang setelah menyaksikan permainan ini, menganggap bahwa bola voli lebihsesuai menjadi nama permainan ini mengingat ciri permainan ini yang dimainkan dengan melambungkan bola sebelum bola tersebut menyentuh tanah (volleying).




Daftar Isi :


Lapangan Permainan















Ukuran lapangan bola voli yang umum adalah berukuran 9 meter x 18 meter. Ukuran tinggi net putra 2.43 meter dan untuk net putri 2.24 meter. Garis batas penyerangan untuk pemain belakang, jarak 3 meter dari garis tengah ( sejajar dengan net ). Untuk ukuran garis tepi lapangan adalah 5 cm


Aturan permainan

Urutan serve

Serve dimulai dari posisi pemain dari yang pertama dan jika bola berpindah ke pihak musuh (diakibatkan bola tidak dapat diseberangkan atau serve tidak masuk), dan begitu pula sebaliknya dari pihak lawan, maka bola akan berpindah lagi.
Maka setelah itu yang melakukan serve adalah pemain yang kedua, dan begitu seterusnya sampai pemain yang ke enam, lalu kembali lagi seperti semula.


Penghitun gan angka



Setiap tim harus mencapai angka sebanyak 25 point tiap set nya untuk memenangkan permainan.

Pada sistem 3 winning set, maka pada set ke 3, point yang harus dikumpulkan setiap tim untuk memenangkan permainan hanya 15 point. (jika kedua tim sebelumnya telah menang masing-masin g 1 kali)
Pada sistem 5 winning set, maka pada set ke 5, point yang harus dikumpulkan setiap tim untuk memenangkan permainan hanya 15 point. (jika kedua tim sebelumnya telah menang masing-masing 2 kali)

Aturan permainan dari bola voli adalah:
  1. Jika pihak musuh bisa memasukkan bola ke dalam daerah kita maka kita kehilangan bola dan musuh mendapatkan nilai
  2. Serve yang kita lakukan harus bisa melewati net dan masuk ke daerah musuh. Jika tidak, maka musuh pun akan mendapat nilai

Teknik Bola Voli



Service

Service ada beberapa macam:


Service dengan ayunan tangan dari bawah.


Service dengan ayunan tangan dari samping.



Service dengan ayunan tangan dari atas.













Jump Service.
















Yang perlu diperhatikan dalam service :

  • Sikap bad an dan pandangan
  • Lambung keatas harus sesuai dengan kebutuhan.
  • Saat kapan harus memukul Bola.
  • Service dilakukan untuk mengawali suatu pertandingan voli

Passing


  • Passing Bawah ( Pukulan/pengambilan tangan kebawah )






  1. Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk.
  1. Tangan dirapatkan, satu dengan yang lain dirapatkan.
  2. Gerakan tangan disesuaikan dengan keras/lemahnya kecepatan bola.


  • Passing Atas ( Pukulan/pengambilan tangan keatas )








  1. Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk.
  2. Badan sedikit condong kemuka, siku ditekuk jari-jari terbuka membentuk lengkungan setengah bola.
  3. Ibu jari dan jari saling berdekatan membentuk segitiga.
  4. Penyentuhan pada semua jari2 dan gerakannya meluruskan kedua tangan



Smash (spike)













Dengan membentuk serangan pukulan yang keras waktu bola berada diatas jaring, untuk dimasukkan ke daerah lawan. Untuk melakukan dengan baik perlu memperhatikan faktor-faktor beri kut: awalan, tolakan, pukulan, dan pendaratan.


Membendung (Bloking)
















Dengan daya upaya di dekat jaring untuk mencoba menahan/menghalangi bola yang datang dari daerah lawan.


Kedudukan Pemain (Posisi Pemain)














Pada waktu service kedua regu harus berada dalam lapangan / didaerahnya masing-masing dalam 2 deret kesamping. Tiga deret ada di depan dan tig a deret ada di belakang.




Contoh Gambar : Voli Pantai



0 komentar:

Poskan Komentar